Cara Install WordPress Paling Mudah

WordPress merupakan sebuah alat untuk ngeblog yang sudah dari beberapa tahun lalu populer. Sudah banyak blog atau website yang dibuat menggunakan wordpress. Hal tersebut karena wordpress sangat flexible, dapat kita sesuaikan kebutuhan kita mulai dari tampilan sampai fungsinya.

Blog ini dibuat menggunakan wordpress, nah disini saya ingin berbagi cara install wordpress di hosting.

Kalau saya lihat, sekarang sudah banyak sekali penyedia hosting yang memberikan fasilitas autoinstaller Softacolous. Hal ini membuat kita bisa dengan sangat mudah untuk install wordpress di hosting kita. Karena kita tidak perlu untuk melakukan upload file apapun.

cara-install-wordpress

Cara Install WordPress Dengan Softacolous

Untuk membuka softacolous, anda harus bisa mengakses cPanel terlebih dahulu. Silahkan login terlebih dahulu ke provider hosting yang anda gunakan.

softacolous

Setelah ketemu dengan softacolous, pilih wordpress dan klik install

wordpress-install

Nah, setelah anda klik “Install” maka ada formulir yang harus andda ini. Oh iya, di softacolous anda tidak hanya bisa untuk menginstall wordrpess saja. Namun masih ada tool-tool lain yang bisa anda manfaatkan untuk membuat website.

Panduan Mengisi Formulir

Mengisi formulir tersebut bukan hal yang sulit, namun ada hal yang perlu anda perhatikan dan jangan sampai salah agar anda tidak perlu melakukan install ulang wordpress di hosting anda.

wordpress

Pada bagian Software Setup;

Choose Protocol

  • Pilih http:// jika anda ingin menampilkan situs anda tanpa www.
  • Pilih http://www. jika anda ingin menampilkan situs anda menggunakan www.
  • Pilih https:// jika anda memiliki sertifikat SSL dan ingin menggunakannya pada situs anda.
  • Pilih https://www.¬†jika anda memiliki sertifikat SSL dan ingin menggunakannya pada situs anda dan juga ingin menampilkan domain dengan www.

Choose Domain

choose-domain

Pada bagian choose domain, anda hanya perlu memilih domain dimana anda ingin memasang wordpress. Semua domain yang sudah anda tambahkan ke hosting akan muncul disana. Jika anda hanya punya satu, maka yang muncul hanya satu domain saja.

Choose Directory;

Ini adalah bagian yang paling penting dan paling sering salah. Biasanya kesalahan orang adalah membiarkan kolom ini dengan isi “wp”. Padahal itu artinya anda memasang wordpress ke direktori tersebut.

Jadi untuk mengakses blog anda harus pergi ke idesain.co/wp/

Maka dari itu directory ini perlu dikosongkan agar wordpress yang kita pasang benar berada pada domain kita.

Pada Bagian Site Setting

Site Name : Isi dengan nama situs/blog sesuai yang anda inginkan. Bebas saja, karena yang punya blog adalah anda sendiri.

Site Description: Deskripsikan situs anda secara singkat disini.

Enable multidite (WPMU ) : Tidak usah dicentang

Pada Bagian Admin Account

screenshot_2

Username : Masukkan username yang nantinya digunakan untuk login ke dashboard wordpress.

Password : Pilih password

Email admin : Masukkan alamat email anda.

Choose Language :

Silahkan pilih “English” atau ada juga versi “Bahasa Indonesia” terserah anda.

Jika semua sudah selesai, anda bisa scroll ke bawah dan klik tombol “Install“.

screenshot_3

Namun jika anda ingin mendapatkan salinan dari instalasi/detail dari instalasi wordpress anda, silahkan masukkan alamat email yang anda miliki. Nanti disana anda akan mendapatkan username dan password yang sudah anda masukkan tadi.

Tunggu beberapa saat dan setelah selesai domain anda sudah menggunakan platform wordpress. Selamat

screenshot_15

Note: Jika anda ingin mulai mengelola situs anda (memasang themes, plugin, membuat post, membuat halaman, dsb) silahkan akses namadomain.com/wp-admin (contoh idesain.co/wp-admin). Kemudian masukkan username dan password yang sudah anda buat waktu melakukan instalasi.